Sabtu, 31 Maret 2012

Pengaruh kemampuan dasar matematika terhadap prestasi belajar


Pengaruh kemampuan dasar matematika terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi kelas XII SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 2010/2011 / Yulistiana Kusuma Dewi





Abstract
Kata Kunci: Kemampuan Dasar Matematika, Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi.





Kemampuan dasar matematika merupakan dasar yang harus dimiliki untuk dapat menguasai ilmu-ilmu lain tidak terkecuali dengan akuntansi. Ditinjau dari materi, akuntansi memerlukan bantuan matematika dalam penggunaan operasi-operasi matematika yang sederhana. Matematika berpengaruh terhadap akuntansi karena keduanya memiliki kesamaan karakteristik, yaitu sama-sama menekankan penggunaan logika, sama-sama menggunakan simbol, sama-sama memiliki rumus-rumus pasti yang hasilnya tidak bisa diganggu gugat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan dasar matematika terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas XII SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 2010/2011.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi (explanatory research). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kemampuan dasar matematika (X) dan variabel terikat adalah prestasi belajar mata pelajaran akuntansi (Y). populasi penelitian ini adalah siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang Tahun Pelajaran 2010/2011 berjumlah 775 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh jumlah responden sebanyak 104. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Sumber data berasal dari nilai Ujian Akhir Nasional tahun pelajaran 2008/2009 dan nilai raport tahun pelajaran 2009/2010 dan teknik pengumpulan data adalah dokumentasi.

Penelitian ini dilakukan mulai bulan September sampai November. Kemampuan dasar matematika siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang berdasarkan rata-rata nilai Ujian Akhir Nasional secara umum (5,2015) menunjukkan kemampuan dasar matematika yang mendukung prestasi belajar mata pelajaran akuntansi. Prestasi belajar mata pelajaran akuntansi berdasarkan rata-rata nilai Ujian Akhir Semester secara umum (7,7010) menunjukkan prestasi belajar mata pelajaran akuntansi terolong cukup baik. Berdasarkan pada hasil data yang telah diolah dapat diketahui signifikansi regresi sederhana adalah 0,000 lebih kecil 0,05 dengan demikian, dapat dikatakan bahwa kemampuan dasar matematika (X) memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi (Y). Besar Adjusted R square adalah 0,140. Hal ini berarti 14,0% perubahan variabel Y disebabkan oleh perubahan variabel X, sedangkan sisanya 86,0% disebabkan oleh faktor di luar perubahan variabel X.

Hasil ini mengimplikasikan bahwa kemampuan dasar matematika terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi sangat diperlukan bagi pihak sekolah agar menjadi dasar dalam menyeleksi input siswa, khususnya yang akan mengikuti kegiatan belajar di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang dan mengambil jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bagi peneliti selanjutnya diharapkan variabel yang ingin diteliti lebih diperluas.


Download file

  1. 00602KI11-1.DAFTAR ISI.rtf (93.13 KB)
  2. 00602KI11-ABSTRACT.pdf (68.74 KB)
  3. 00602KI11-ABSTRAK.pdf (66.91 KB)
  4. 00602KI11-BAB___I.pdf (86.64 KB)
  5. 00602KI11-BAB___II.pdf (130.94 KB)
  6. 00602KI11-BAB___III.pdf (105.25 KB)
  7. 00602KI11-BAB___IV.pdf (86.72 KB)
  8. 00602KI11-BAB___V.pdf (69.44 KB)
  9. 00602KI11-BAB___VI.pdf (59.95 KB)
  10. 00602KI11-cover___skripsi.doc (23.50 KB)
  11. 00602KI11-DAFTAR PUSTAKA.docx (16.15 KB)



Download Pengaruh kemampuan dasar matematika terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi kelas XII SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 2010/2011 / Yulistiana Kusuma Dewi


TypeLanguage
Download Pengaruh kemampuan dasar matematika terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi kelas XII SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 2010/2011 / Yulistiana Kusuma Dewi ID

Print Pengaruh kemampuan dasar matematika terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi kelas XII SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 2010/2011 / Yulistiana Kusuma Dewi

....

RPP berkarakter

PERANGKAT RPP MATEMATIKA SMP
BERKARAKTER
KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN
Pertemuan  ke -3
Kelas : IX (Sembilan)
Semester : 1 (ganjil)

















Oleh :


IRFAN
(A1C1 08 006)




FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS HALUOLEO
KENDARI
2012

DAFTAR ISI

Silabus .....................................................................................................................  
RPP .........................................................................................................................  
Lembar Kerja Siswa ................................................................................................  
Kunci LKS ..............................................................................................................  
Lembar Penilaian Proses (LP-2) ..............................................................................  
Tes Hasil Belajar Siswa (LP-1) ...............................................................................  
Kunci LP-1 .............................................................................................................  
Lembar Penilaian Diri (LP-3) dan Keterampilan Sosial (LP-4) ..............................
Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter dan Keterampilan ................................













SILABUS
Tingkat Satuan Pendidikan             : SMP Negeri 2 Kulisusu
Mata Pelajaran                                 : Matematika
Kelas/ Semester                               : IX/ 1
Standar Kompetensi                        : Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.nnya
Kompetensi Dasar                           : 1.2. Mengidentifikasi sifat - sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
Pertemuan ke-                                             : 3 (tiga)

Materi Pokok Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen
Kesebangunan
v Mendiskusikan definisi kesebangunan dua segitiga
v Mendiskusikan definisi kekongruenan dua segitiga

v Mencermati perbedaan dua segitiga sebangun
v Mencermati perbedaan dua segitiga yang  kongruen


Kognitif:
a.     Mendefenisikan kesebangunan dua  segitiga
b.     Mendefenisikan kekongruenan  dua  segitiga

c.       Membedakan pengertian sebangun dan kongruen dua segitiga.

d.    Mengaplikasikan pengetahuan tentang kesebangunan dan kekongruenan dua  segitiga

Tes

Tes Tertulis
LP1:
Tes-1 Hasil Belajar Matematika

LP-2: Penilaian Proses

LP-3: Penilaian Afektif
a.    Lembar Penilaian Diri
b.    Penilaian Keterampilan Sosial

2 x 40’
1.     Nuniek Avianti Agus
Mudah belajar matematika kelas IX sekolah menengah pertama.
2.     Silabus
3.     LKS kesebangunan
4.     Kunci LKS
5.     LP-1 Penilaian Produk
6.     Kunci LP-1
7.     LP-2 dan LP-5 Penilaian Proses  saat siswa menyelesaikan LKS dan Praktikum
8.     LP-3 Penilaian Perilaku Berkarakter (Penilaian Diri)
9.     LP-4 Penilaian Keterampilan Sosial
10.  Lembar Pengamatan


Afektif:
Perilaku Berkarakter
a)         Dapat dipercaya
b)        Menghargai
c)         Tanggung  jawab  individu
d)        Tanggung  jawab sosial
e)         Adil
f)         Peduli

Keterampilan Sosial
a)         Bertanya
b)        Memberikan Ide/ Pendapat
c)         Menjadi pendengar yang baik
d)        Kerja sama




LP-4:
Lembar Penilaian Diri dan Lembar Pengamatan

LP-5:
Lembar Penilaian Kelompok pada Kegiatan Psikomotor



DAFTAR PUSTAKA

Nuniek Avianti Agus, 2008.  Mudah belajar matematika kelas IX sekolah menengah pertama. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.







RPP BERKARAKTER

Tingkat Satuan Pendidikan       : SMP N 2 Kulisusu
Mata Pelajaran                            : Matematika
Kelas/ Semester                            : IX/ 1
Materi                                           : Kesebangunan
Alokasi Waktu                             : 2 x 40 menit

I.          Standar Kompetensi   : Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam                    pemecahan masalahnnya
II.        Kompetensi Dasar       : Mengidentifikasi sifat - sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
III.   Indikator                      :
a.        Kognitif:
1.      Mendefenisikan kesebangunan dua  segitiga
2.      Mendefenisikan kekongruenan  dua  segitiga
3.      Membedakan pengertian sebangun dan kongruen dua segitiga
4.      Mengaplikasikan pengetahuan tentang kesebangunan dan kekongruenan dua  segitiga
b.      Afektif:
1.        Perilaku Berkarakter
a)      Dapat dipercaya (K1)
b)      Menghargai (K2)
c)      Tanggung jawab individu (K3)
d)     Tanggung  jawab social (K4)
e)      Adil (K5)
f)       Peduli (K6)
2.        Keterampilan Sosial
a)      Bertanya
b)      Memberikan Ide/ Pendapat
c)      Menjadi pendengar yang baik
d)     Kerja sama
c.         Psikomotor

IV.         Tujuan Pembelajaran:
a.        Kognitif
1.      Diberikan dua segitiga yang sebagun, siswa dapat mendefenisikan segitiga tersebut secara masuk akal (reasonable)
2.      Diberikan dua segitiga yang kogruen, siswa dapat mendefinisikan segitiga tersebut secara benar
3.      Diberikan berbagai macam segitiga yang sebangun dan kongruen, siswa dapat membedakan mana segitiga yang sebangun dan segitiga yang kongruen.
4.      Diberikan masalah berpikir kritis tentang kesebangunan dan kekongruenan dua  segitiga, siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam penyelesaian soal mengacu pada kesebangunan dua segitiga.

b.        Afektif
1.      Perilaku Berkarakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, dan siswa diberi kesempatan melakukan penilaian diri terhadap kesadaran dalam menunjukkan karakter:
a)      Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter dapat dipercaya. Diantaranya siswa jujur, mampu mengikuti komitmen, mencoba melakukan tugas yang diberikan, menjadi teman yang baik dan membantu orang lain.
b)      dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter menghargai. Diantaranya siswa memperlakukan teman/ guru dengan baik, sopan dan hormat, peka terhadap perasaan orang lain, tidak pernah menghina atau mempermainkan teman/ guru, tidak pernah mempermalukan teman/ guru.
c)      Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter tanggung jawab individu. Diantaranya siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan, dapat dipercaya/diandalkan, tidak penah membuat alasan atau menyalahkan orang lain atas perbuatannya. 
d)     Dalam proses pembelajaran, siswa dilatihkan karakter tanggung jawab social. Diantaranya siswa mengerjakan tugas kelompok untuk kepentingan bersama, secara sukarela membantu teman/ guru.
e)        Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter adil. Diantaranya siswa tidak pernah curang, menyontek hasil kerja siswa/ kelompok lain, bermain atau berbuat berdasarkan aturan, tidak pernah mengambil keuntungan dari orang lain.
f)        Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter peduli. Diantaranya siswa peka terhadap perasaan orang lain, mencoba untuk membantu siswa/ guru yang membutuhkan.
 
2.      Keterampilan Sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa dan siswa diberi kesempatan menunjukkan keterampilan sosial berikut.
a)      Dalam diskusi kelompok atau kelas, siswa aktif mengajukan pertanyaan.
b)      Dalam diskusi kelompok atau kelas, siswa aktif memberikan ide atau pendapat.
c)      Dalam proses pembelajaran di kelas, siswa dapat menjadi pendengar yang baik.
d)     Dalam diskusi kelompok, siswa dapat bekerjasama dalam menyelesaikan tugas/ LKS.

c.         Psikomotor
Dengan bahan dan alat yang disediakan seperti kertas, mistar, gunting, busur dan jangka, siswa melakukan kegiatan berkaitan tujuan pembelajaran untuk memperdalam bangun berbagai macam segitiga yang sebangun dan kongruen untuk mendukung dan mendalami LKS-01 dan Penilaian Produk (LP-01).

V.            Model Pembelajaran
Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD
VI.         Alat/ Bahan
Kertas manila berbagai macam warna, gunting, mistar, busur derajat dan jangka.
VII.      Materi Pembelajaran
Kesebangunan

VIII.   Proses Pembelajaran
A.    Pendahuluan  (10 menit)
No
Kegiatan
Karakter/ Keterampilan Sosial
Keterlaksanaan (Terlaksana/
Tidak)
Saran Perbaikan
1.
Guru memotivasi dan mendorong siswa untuk fokus pada materi melalui aktifitas membuat berbagai macam segitiga yang sebangun dan kongruen secara kelompok dengan menggunakan bahan yang telah dijanjikan pada pertemuan sebelumnya
Melalui kegiatan ini, siswa dilatihkan
1.     Perilaku Berkarakter
*   Dapat dipercaya (K1)
*   Menghargai (K2)
*   Tanggung jawab individu (K3)
*   Tanggung  jawab sosial (K4)
*   Adil (K5)
*   Peduli (K6)
2.    Keterampilan Sosial
*   Bertanya
*   Memberikan Ide/ Pendapat
*   Menjadi pendengar yang baik
*   Kerja sama



2.
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran berkaitan dengan dua  segitiga yang sebangun dan kongruen , memberikan contoh misalnya akan menjadi ahli … dan lain-lain. Dan menyampaikan bahwa diakhir kerja LKS ada presentasi dari masing-masing kelompok..


3.
Guru membagi kelompok secara heterogen dengan tidak membedakan jenis kelamin, status social, suku dan ras sesuai model pembelajaran kooperatif tipe STAD



B.     Kegiatan Inti (50 menit)

No
Kegiatan
Karakter/ Keterampilan Sosial
Keterlaksanaan (Terlaksana/ Tidak)
Saran Perbaikan
1.                  
Pembentukan kelompok sudah selesai
Guru menyampaikan informasi tentang pokok-pokok materi kesebangunan dan kekongruenan dua segitiga
Melalui kegiatan ini, siswa dilatihkan
1.    Perilaku Berkarakter
*   Dapat dipercaya (K1)
*   Menghargai (K2)
*   Tanggung jawab individu (K3)
*   Tanggung  jawab sosial (K4)
*   Adil (K5)
*   Peduli (K6)
2.    Keterampilan Sosial
*   Bertanya
*   Memberikan Ide/ Pendapat
*   Menjadi pendengar yang baik
*   Kerja sama



2.
Guru membagikan LKS-01 pada setiap kelompok untuk dikerjakan dalam setiap kelompok


3.
Siswa diminta untuk membaca LKS-01 dan memastikan bahwa mereka memahami apa yang akan dilakukan pada kegiatan berkelompok


4.
Siswa bekerja dalam masing-masing kelompok menggunakan LKS-01 dan mengikuti tahapan yang tersedia atau terpaksa menggunakan buku siswa



5.
Guru berkeliling, mengajukan pertanyaan dan memberi bantuan kepada siswa jika diperlukan.


6.
Guru memanggil perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas.


7.
Guru memberikan reward atau hadiah bagi kelompok yang semua pekerjaannya benar, sebagai dorongan atau motivasi agar mereka mau menekuni atau agar senang belajar matematika.
Dengan kegiatan presentasi siswa dilatihkan untuk berani berpendapat, aktif bertanya, mendengar, peduli, menghargai, serta bertanggung jawab secara sosial.



C.    Penutup (20 menit)
No
Kegiatan
Karakter/ Keterampilan Sosial
Keterlaksanaan (Terlaksana/ Tidak)
Saran Perbaikan
1.
Guru membagikan sejumlah soal tentang kesebangun dan kekongruenan dua segitiga  sebagai kognitif produk (LP-01) yang dikerjakan secara individu
Dengan kerja individu pada LP-01 tanpa nyontek dan kerja sama, siswa dilatih untuk mengembangkan budaya berkarakter melalui:
*      Dapat dipercaya
*      Menghargai
*      Tanggung jawab individu
*      Tanggung jawab social
*      Adil
*      Peduli
Dan siswa dilatih untuk berpikir kritis



2.
Soal tersebut dipilih dari soal-soal pada LKS-01 yang berkaitan dengan kesebangun dan kekongruenan dua segitiga  : (i) Mendefenisikan dua segitiga yang sebangun dan kongruen, (ii)  menentukan dua segitiga yang sebangun, dan (iii) menentukan dua segitiga yang kongruen


3.
Siswa diminta untuk mengisi Lembar Penilaian Diri dan Keterampilan Sosial secara Individu
Siswa dilatih untuk mengoreksi diri secara jujur











IX.         Sumber Pembelajaran
1.    Silabus
2.    Lembar Kerja Siswa (LKS-01)
3.    Lembar Penilaian Produk (LP-1) dilengkapi kunci
4.    LP-2: Lembar Penilaian Proses
5.    LP-3: Lembar Penilaian Diri (perilaku berkarakter)
6.    LP-4: Lembar penilaian keterampilan sosial
7.    LP-5: Lembar Penilaian psikomotor
8.    Buku Siswa


DAFTAR PUSTAKA


Nuniek Avianti Agus, 2008.  Mudah belajar matematika kelas IX sekolah menengah pertama. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.
































LEMBAR KERJA SISWA (LKS-01)
Rounded Rectangle: Indikator:
1. Menjelaskan pengertian  kesebangunan dua segitiga 
2. Menjelaskan pengertian kekongruenan dua segitiga 
3. Membedakan pengertian kesebangun dan kekongruen dua segitiga.
 









1.     
Perhatikan dua gambar segitiga di samping ! dua gambar tersebut dikatakan sebangun. Jelaskan pengertian kesebangunan dua segitiga dengan kata-kata anda sendiri .?
Jawab:
Pengertian kesebangunan dua segitiga adalah dua segitiga yang memiliki sudut-sudut bersesuaian sama besar dan sisi-sisi yang bersesuaian memiliki perbandingan senilai
2.     
Perhatikan dua gambar segitiga yang kongruen di samping ! Jelaskan pengertian kekongruenan dua segitiga.?
Jawab:
Pengertian kekongruenan  dua segitiga adalah dua segitiga yang memiliki Bentuk dan ukuran yang sama, dan  Sudut-sudut yang bersesuaian sama besar.
3.     
Jelaskan dengan kata-kata anda sendiri apakah kedua bangun di samping sebangun..?
Jawab:
Gambar di samping adalah gambar dua segitiga yang sebangun karena Perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian sama, Sudut-sudut yang bersesuaian sama besar,dan dua sisi yang bersesuaian memiliki perbandingan yang sama dan sudut bersesuaian yang diapit sama besar
4.     
Jelaskan dengan kata-kata anda sendiri apakah dua bangun segitiga di samping kongruen  ?
Jawab:
Dua segitiga di samping kongruen  karena Sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang,Dua sisi yang bersesuaian sama panjang dan satu sudut yang diapit   oleh kedua sisi tersebut sama besar, dan Dua sudut yang bersesuaian sama besar dan satu sisi yang bersesuaian sama panjang.
5.     
Perhatikan gambar di samping ! jelaskan mengapa dikatakan sebagun dan kongruen ?
Jawab:
dikatakan sebagun dan kongruen karena sudut yang bersesuaian sama besar, sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang, dua sisi yang bersesuaian sama panjang dan sudut yang diapitnya sama besar, dua sudut yang bersesuaian sama besar dan sisi yang berada di antaranya sama panjang serta dua sudut yang bersesuaian sama besar dan sisi yang berada di hadapannya sama panjang


6.        Jika panjang sisi-sisi segitiga I = 3 cm, 4 cm, dan 5 cm, dan panjang sisi-sisi segitiga II = 6 cm,
8 cm, dan 10 cm, jelaskan apakah kedua segitiga tersebut sebangun..?

7.        pada      ABC, panjang sisi AB=12 cm, BC= 8 cm dan AC= 10 cm,  300. sedangkan     PQR, panjang sisi PQ= 12 cm, QR= 15 cm dan PR=18 cm, P=450 jelaskan apakah kedua segitiga tersebut sebangun..?

8.        pada    ABC diketahui besar  A = 700 dan besar  C = 500, panjang sisi AB=7 cm sedangkan      PQR diketahui besar  P = 700 dan besar  R = 500 ,panjang sisi PQ= 7 cm,  jelaskan apakah  kedua segitiga tersebut kongruen ?


9.      jika PQRS adalah sebuah jajar genjang dengan salah satu diagonalnya QS.jelaskan   apakah PQS dan RSQ kongruen?

10.    Jika dua buah segitiga yakni  dan  diketahui besar  Q= 300, panjang sisi
TS = 8 cm dan panjang sisi PR= 12 cm, jelaskan apakah kedua segitiga tersebut sebangun..?

11.    apakah PQR sebangun dengan MNO,jika panjang PQ=10 cm  , PR=15 cm , RQ=7cm, OM=45 cm ,MN=30 cm  , dan ON= 21 cm, jelaskan..?

12.  Jika ABC dengan siku-siku di B;   Dan PQR dengan siku-siku di P, dan diketahui  panjang BC = 8 cm dan QR = 10 cm, jelaskan apakah kedua segitiga tersebut kongruen..?

13.  Jika pada  diketahui besar A sama dengan besar M pada  , besar  sama dengan besar , dan panjang garis BC sama dengan panjang garis LM, jelaskan apakah kedua segitiga tersebut kongruen..?

14.  pada      ABC, panjang sisi AB=9 cm, BC= 8 cm dan AC= 10 cm. sedangkan     PQR, panjang sisi PQ= 3 cm, QR= 4 cm dan PR=5 cm, jelaskan apakah kedua segitiga tersebut sebangun dan kongruen..?


15.  Pada  FKL diketahui besar =720 , panjang garis KF=9 cm dan panjang garis KL= 8 cm. dan pada   KLM diketahui besar  =720, panjang garis LK= 9 cm, panjang garis LM= 8 cm, jelaskan apakah dua segitiga tersebut sebangun dan kongruen..?
Nama Kelompok:
Anggota:     1.
                      2.
                      3.
                      4.
                      5.
 
 














KUNCI LKS-01


6.
Kedua segitiga tersebut sebangun karena sisi-sisi yang bersesuaian memiliki perbandingan senilai.
7.
Kedua segitiga tersebut tidak sebangun karena sudut-sudut yang bersesuaian tidak sama besar dan sisi-sisi yang bersesuain tidak sebanding.
8.
Kedua segitiga tersebut kongruen karena dua sudut pada segitiga pertama sama besar dengan
dua sudut yang bersesuaian  pada segitiga kedua, dan sisi yang merupakan kaki persekutuan kedua sudut  sama panjang  (sd, s, sd).
9.
Pada jajargenjang, sisi-sisi yang berhadapan sama panjang dan  sejajar sehingga PQ = SR, PQ // SR, dan PS = QR, PS // QR.  Selanjutnya, QS adalah diagonal sehingga QS = SQ.
Dengan demikian, sisi-sisi yang bersesuaian dari PQS dan  RSQ sama panjang (s.s.s).
 Jadi, PQS dan RSQ kongruen.

10.
Karena besar sudut pada kedua segitiga tesebut sama besar yakni  Q= 300, dan memiliki perbandingan sisi yang senilai, maka kedua segitiga tersebut sebangun.

11.
Karena PQR dan MNO,memiliki perbandingan sisi-sisi yang senilai yakni  PQ sebanding dengan MN, PR sebanding dengan OM dan RQ sebanding dengan ON maka dikatakan kalau kedua segitiga tersebut sebangun.

12.
Karena dan dua sisi yang bersesuaian sama panjang dan satu sudut yang diapit   oleh kedua sisi tersebut sama besar yaitu  sudut siku-siku (900) maka dikatakan bahwa kedua segitiga tersebut kongruen (s.sd.s)


13.
Kedua segitiga tersebut kongruen karena besar A = M ,  = , dan panjang garis BC = panjang garis LM, memenuhi aturan sudut sisi sudut dimana dua sudut pada segitiga pertama sama besar dengan dua sudut yang bersesuaian  pada segitiga kedua, dan sisi yang merupakan kaki persekutuan kedua sudut  sama panjang

14.
ABC dan  PQR adalah dua segitiga yang sebangun tetapi tidak kongruen karena Panjang sisi yang bersesuaian hanya memiliki perbandingan senilai, tetapi  tidak sama panjang sesuai  aturan sisi,sisi,sisi (s.s.s)

15.
Kedua segitita tersebut sebangun dan kongruen karena dua sisi yang bersesuaian sama panjang dan sudut yang diapitnya sama besar (s.sd.s).










PENILAIAN PROSES (KELOMPOK) LP-2


Jenis Asesmen
Kegiatan
Rentang Skor
Skor
Diagnostik (Persiapan)
1.     Menyimak LKS secara seksama sesuai dengan prosedur
2.     Keterlibatan semua siswa dalam kelompok untuk menelaah LKS
0-5

Formatif (Pelaksanaan)
1.    Siswa membaca, mengerti, memahami, dan mendalami pengertian dari kesebagunan dan kekongruenan dua segitiga seperti yang telah diselesaikan pada LKS nomor 1-5
0-5


2.    Siswa mengaplikasikan soal LKS nomor 1-5 untuk mengetahi pengertian kesebangunan dan kekongruenan dua segitiga
0-5


3.    Siswa menggambar dua segitiga  yang sebangun untuk penyelesaian  soal 6-8 pada LKS
0-5


4.    Siswa menggambar dua segitiga yang kongruen untuk penyelesaian soal nomor 8 dan 9 pada LKS secara bergantian
0-5


5.    Siswa menggambar dengan menggunakan busur, jangka, mistar atau menggunakan lidi untuk macam-macam segitiga yang sebangun dan kongruen sesuai soal 9-15 pada LKS secara bergantian
0-5


6.    Siswa mengerti dan memahami pengertian dari kesebangunan dan kekongruenan dua segitiga.
0-5


7.     Siswa dapat menentukan mana segitiga yang sebangun dan mana segitiga yang  kongruen
0-5


8.     Siswa membuat kesimpulan sementara
0-5

Sumatif (kegiatan akhir)
1.    Menyimpulkan hasil kerja kelompok saat presentasi
0-10


2.     Menceritakan pengalaman yang didapat dari kegiatan dengan menggunakan alat bantu
0-10


3.     Berpikir kritis pada kegiatan yang dialami pada saat membuat kesimpulan sementara tentang pengertian kesebangunan dan kekongruenan dua segitiga.
0-10


JUMLAH SKOR
80
76

NILAI AKHIR =  X 100










PENILAIAN DAN RUBRIK PENILAIAN



NO.
NAMA SISWA
SKOR INDIVIDU
BONUS
SKOR AKHIR
1.




2.




3.




4.




5.




6.




7.




8.





DST.




Keterangan

1.      Poin bonus berdasarkan ketentuan berikut.

Skor Individu
Bonus
90-100
6 poin
80-89
4 poin
70-79
2 poin

2.      Bonus yang ditetapkan adalah poin terendah dalam kelompok tersebut
3.      Skor akhir individu siswa adalah skor individu ditambah bonus. 























SOAL PERTEMUAN – 1
(LP1: KOGNITIF PRODUK)


Nama: …………………………..                     Kelas: …..                Tanggal: ………………

A.      Tulis defenisi (pengertian) dari gambar kesebangunan dan kekongruenan dua  segitiga  yang diberikan.

1.   







2.       

3.     







4.     





5.     







B.       Tuliskan dengan huruf a, b, dan c sesuai dengan pertanyaan pada kolom klasifikasi


6.      : diketahui panjang
AB=  3 cm, BC=  4 cm dan AC= 5 cm
: diktehui panjang
MO= 6 cm, OP=8 cm, dan MP= 10 cm
7.      : diketahui panjang
MO=  3cm,  MN=  5cm dan =40o
: diktehui panjang
PR = 3 cm, PQ=5 cm, dan =40o
8.      : besar sudut
300,=50o, =100o, panjang sisi QK =7 cm dan QN= 12 cm
: besar sudut  
300,=50o, =100o, panjang sisi PO= 7 cm dan PM=12 cm



a.       Dua segitiga kongruen

b.      Dua segitiga sebangun

c.       Dua segtiga sebangun dan kongruen






CATATAN:
1.      SKOR 10 UNTUK BUTIR SOAL NO. 1-5
2.      SKOR 5 UNTUK BUTIR SOAL NO. 6-8



TANDA TANGAN SISWA




-------------------------------















KUNCI LP 1:


1.     







Definisi bangun di samping  adalah bangun yang dibentuk oleh dua segitiga yaitu , yang jika  diputar setengah lingkaran dengan pusat F, maka sisi ED // sisi GH, dan sisi ED akan memotong sisi FG dan sisi FH,  kemudian  sisi ED tersebut akan
membagi dua sisi  FG dan FH sehingga kedua bangun segitiga tersebut  mempunyai perbandingan yang senilai dan  disebut kesebangunan dua segitiga
2.         
Defenisi bangun di samping adalah bangun yang terbentuk dari  dimana sisi-sisinya mempunyai perbandingan yang senilai sehingga kedua segitiga tersebut dinamakan kesebangun dua segitiga.
3.     




Definisi dua segitiga di samping adalah dua buah segitiga dengan panjang sisi yang bersesuaian sama panjang , yaitu panjan sisi AC = DF, AB = DE dan BC = EF dengan besar ,   dan   sehingga dua segitiga di samping adalah dua segitiga yang kongruen.



4.     




Definisi  bangun di samping adalah sebuah bangun yang di bentuk oleh , dengan panjang sisi AB= sisi AD, sisi BC= sisi CD dengan besar  pada kedua segitiga  sama besar dan semua sisi yang bersesuaian memiliki panjang yang sama sehingga dikatakan bahwa kedua segitiga tersebut kongruen
5.     




Definisi dua segitiga di samping adalah dua buah segitiga dengan panjang sisi yang bersesuaian sama panjang , yaitu panjan sisi AE = CD, EG = CB , AG = BD dan siku-siku di E pada  , sedangkan pada  siku-siku di C sehingga dikatakan bahwa dua segitiga disampingadalah sregitiga sebangun dan kongruen.










6.     
b
 
: diketahui panjang
AB=  3 cm, BC=  4 cm dan AC= 5 cm
: diktehui panjang
MO= 6 cm, OP=8 cm, dan MP= 10 cm
7.     
a
 
: diketahui panjang
MO=  3cm,  MN=  5cm dan =40o
: diktehui panjang
PR = 3 cm, PQ=5 cm, dan =40o
8.       : besar sudut
c
 
300,=50o, =100o, panjang sisi QK =7 cm dan QN= 12 cm
: besar sudut  
300,=50o, =100o, panjang sisi PO= 7 cm dan PM=12 cm




































LP-3: Lembar Penilaian Diri (Perilaku Berkarakter)
LP-4: Keterampilan Sosial
(diisi oleh siswa)
Nama: ..............................................                 Kelas: ...............       Tanggal: .............................
Petunjuk:
Hasil Lembar Penilaian Diri ini akan digunakan untuk mengembangkan alar ukur karakter dan keterampilan sosial siswa. Oleh karena itu Anda dimohon menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut dengan sebenar-benarnya dan tulislah alasan Anda pada tempat yang disediakan!

A.      Karakter
1.    Apakah Anda orang yang dapat dipercaya?
Benar     Salah                    Selama proses pembelajaran matematika ini berlangsung,
                               Saya jujur. Saya hanya mempelajari materi yang sedang diajarkan.

Saya mampu mengikuti komitmen saya untuk tetap fokus pada tugas yang diberikan atau pada pembelajaran matematika.

Saya mencoba untuk melakukan tugas matematika yang diberikan, meskipun itu terasa sulit.

Saya adalah teman yang baik dan dapat membantu orang lain.

Saya pikir saya orang yang dapat/tidak dapat dipercaya karena: ……………............................... ............................................................................................................................................................
..............................................................................


2.    Apakah Anda orang yang menghargai orang lain?

Benar       Salah               Selama proses pembelajaran matematika ini berlangsung,
Saya memperlakukan teman kelompok dan teman saya dengan cara seperti yang saya harapkan mereka memperlakukan saya.

Saya memperlakukan teman/guru saya dengan sopan dan hormat.

Saya peka terhadap perasaan teman/guru saya.

Saya tidak pernah menghina atau mempermainkan teman/guru.

Saya tidak pernah menertawakan atau mempermalukan teman/guru.

Saya tidak pernah berprasangka atau bersikap rasis pada teman /guru.

Saya pikir saya orang yang menghargai/tidak menghargai teman /guru karena: ..........................
.......................................................................................................................................................................................................................................
3.    Apakah Anda orang yang bertanggung jawab secara individu?
Benar     Salah                 Selama proses pembelajaran matematika ini berlangsung,
 

Saya mengerjakan tugas-tugas pelajaran matematika yang perlu saya lakukan.

Saya dapat dipercaya dan diandalkan.

Saya tidak pernah membuat alasan atau menyalahkan orang lain atas perbuatan saya.

Saya selalu mengikuti komitmen saya.

Saya pikir saya orang yang bertanggung jawab/tidak bertanggung jawab secara individu karena: ..............................................................................................................................................................................................................................................................


4.    Apakah Anda orang yang bertanggung jawab secara sosial?
Benar     Salah                Selama proses pembelajaran matematika ini berlangsung,
 

Saya mengerjakan tugas saya  untuk kebaikan bersama.

Saya secara suka rela membantu teman/guru yang membutuhkan.

Saya berpartisipasi dan membantu guru saya mengerjakan tugas-tugas pengajarannya.

Saya melakukan sesuatu yang saya bisa untuk membantu menjaga kebersihan dan keamanan kelas/sekolah.

Saya pikir  saya orang yang bertanggung jawab/tidak bertanggung jawab secara sosial karena: .............................................................................................................................................. ................................................................................................................................







5.    Apakah Anda orang yang adil?
Benar       Salah                   Selama proses pembelajaran matematika ini berlangsung,
Saya memperlakukan teman sesuai dengan apa yang saya inginkan.

Saya memperlakukan teman secara seimbang dan tanpa merugikan.

Saya mempertimbangkan perasaan teman/guru yang akan terpengaruh akibat perbuatan saya.

Saya berpikiran terbuka dan masuk akal.

Saya bermain berdasarkan aturan.

Saya pikir saya orang yang adil/tidak adil karena : .........................................................................  ................................................................................................................................


6.    Apakah Anda orang yang peduli?
Benar        Salah               Selama proses pembelajaran matematika ini berlangsung,
 

Saya peka terhadap perasaan orang lain.

Saya memperlakukan teman/guru dengan baik dan murah hati.

Saya berpikir tentang bagaimana perbuatan saya akan berdampak pada yang lain.

Saya tidak pernah benar-benar membenci atau menyakiti.

Saya mencoba untuk membantu teman/guru yang membutuhkan.


Saya pikir saya orang yang peduli/tidak peduli terhadap teman/guru karena : ..............................................................................................................................................................................................................................................................











B.  Keterampilan Sosial

1.    Pada saat diskusi kelompok/kelas, saya mengemukakan ide/pendapat.
a.       Ya                                             b. Tidak
Ide/pendapat yang saya kemukakan adalah ........................................................... ................................................................................................................................................................................................................................................................
2.    Pada saat diskusi kelompok/kelas, saya bertanya pada guru atau teman.
a.       Ya                                             b. Tidak
Pertanyaan yang saya ajukan adalah .................................................................... ............................................................................................................................................................................................................................................................
3.    Pada saat diskusi kelompok/kelas, saya mendengarkan dan memperhatikan jika teman atau guru berbicara.
a.       Selalu               b. Sering              c. Kadang-kadang        d. Tidak Pernah
4.    Saya senantiasa bekerja sama dengan anggota kelompok/siswa yang lain.
a.       Ya                                            b. Tidak

















LEMBAR PENGAMATAN LP-3 dan LP-4
Perilaku berkarakter dan keterampilan sosial
(diisi oleh guru)

Petunjuk:
Berilah  tanda () pada kolm  ya/tidak/ragu-ragu yang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Sedangkan pada kolom komentar tuliskan intensitas dari hal yang dilakukan siswa (1 = tidak pernah, 2 = jarang, 3 = sering) atau kejadian lain yang dipandang perlu.

Aspek yang diamati
Siswa 1
Siswa 2
Siswa 3
Siswa ........
Komentar
Ya
Tidak
Ragu-ragu
Ya
Tidak
Ragu-ragu
Ya
Tidak
Ragu-ragu
Ya
Tidak
Ragu-ragu
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
(9)
(10)
(11)
(12)
(13)
(14)
Perilaku berkarakter
A. Dapat dipercaya

1.     Siswa jujur. Siswa hanya mempelajari materi yang sedang diajarkan.













2.    Siswa mampu mengikuti komitmennya untuk  tetap fokus pada tugas yang diberikan atau pada pembelajaran matematika.













3.    Siswa mencoba untuk melakukan tugas matematika yang diberikan, meskipun itu terasa sulit.













4.    Siswa adalah teman yang baik bagi siswa yang lain dan dapat membantu orang lain.


















Aspek yang diamati
Siswa 1
Siswa 2
Siswa 3
Siswa ........
Komentar
Ya
tidak
Ragu-ragu
Ya
tidak
Ragu-ragu
Ya
tidak
Ragu-ragu
Ya
tidak
Ragu-ragu
B.  Menghargai
1.    Siswa memperlakukan teman kelompok dan teman yang lain dengan cara seperti yang dia harapkan siswa lain memperlakukannya.













2.    Siswa memperlakukan teman/guru dengan sopan dan hormat.













3.    Siswa peka terhadap perasaan teman/guru.













4.    Siswa tidak pernah menghina atau mempermainkan teman/guru selama pembelajaran.













5.    Siswa tidak pernah menertawakan atau mempermalukan teman/guru selama pembelajaran.













6.    Siswa tidak pernah berprasangka atau bersikap rasis pada teman/ guru selama pembelajaran.





















Aspek yang diamati
Siswa 1
Siswa 2
Siswa 3
Siswa ........
Komentar
Ya
tidak
Ragu-ragu
Ya
tidak
Ragu-ragu
Ya
tidak
Ragu-ragu
Ya
tidak
Ragu-ragu
C. Tanggung jawab individu
1.    Siswa mengerjakan tugas-tugas pelajaran matematika yang perlu dikerjakan.













2.    Siswa dapat dipercaya dan diandalkan.













3.    Siswa tidak pernah membuat alasan atau menyalahkan orang lain atas perbuatannya.













4.    Siswa selalu mengikuti komitmennya.













D.    Tanggung jawab sosial
1.    Siswa mengerjakan tugasnya demi kebaikan bersama.













2.  siswa secara suka rela membantu teman/guru yang membutuhkan.













3.     Siswa berpartisipasi dan membantu guru mengerjakan tugas-tugas pengajarannya.













4.     Siswa melakukan sesuatu yang dia bisa untuk membantu menjaga kebersihan dan keamanan kelas/sekolah.



















Aspek yang diamati
Siswa 1
Siswa 2
Siswa 3
Siswa ........
Komentar
Ya
tidak
Ragu-ragu
Ya
tidak
Ragu-ragu
Ya
tidak
Ragu-ragu
Ya
tidak
Ragu-ragu
E. Adil
1.  siswa memperlakukan teman sesuai dengan apa yang dia inginkan.













2.    Siswa memperlakukan teman secara seimbang dan tanpa merugikan













3.    Siswa mempertimbangkan perasaan teman/guru yang akan terpengaruh akibat perbuatannya.













4.    Siswa berpikiran terbuka dan masuk akal.













5.    Siswa bermain berdasarkan aturan.














F.  Peduli
1.  Siswa peka terhadap perasaan orang lain.













2.  Siswa memperlakukan teman/guru dengan baik dan murah hati.













3.  Siswa berpikir tentang bagaimana perbuatannya akan berdampak pada orang lain.













4.  Siswa tidak pernah benar-benar membenci atau menyakiti.













5.    Siswa mencoba untuk membantu teman/guru yang membutuhkan.


















Aspek yang diamati
Siswa 1
Siswa 2
Siswa 3
Siswa ........
Komentar
Ya
tidak
Ragu-ragu
Ya
tidak
Ragu-ragu
Ya
tidak
Ragu-ragu
Ya
tidak
Ragu-ragu
Keterampilan Sosial

G1. Mengemukakan ide/ pendapat
Pada saaat diskusi kelompok/kelas siswa mengemukakan pendapatnya.













G2. Bertanya
Pada saat diskusi kelompok/kelas siswa bertanya pada teman atau guru.













G3. Mendengar
Pada saat diskusi kelompok/kelas siswa mendengarkan dan memperhatikan jika orang lain berbicara













G4. Kerja sama
Siswa senantiasa bekerja sama dengan anggota kelompok siswa yang lain