Sabtu, 31 Maret 2012

contoh angket Keterampilan Sosial



“PENGEMBANGAN INSTRUMEN”

UNHALU-2.bmp
OLEH :
IRFAN
(A1CI 08 007)

PEND. MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS HALUOLEO
KENDARI
2012



A.    Definisi Konseptual
Keterampilan sosial merupakan  kemampuan berinteraksi dengan orang lain dalam konteks sosial dengan cara-cara yang khusus yang dapat diterima secara social maupun nilai-nilai dan disaat yang sama berguna bagi dirinya dan orang lain.

B.     Definisi Operasional
Keterampilan sosial merupakan  kemampuan berinteraksi dengan orang lain dalam konteks sosial dengan cara-cara yang khusus yang dapat diterima secara social maupun nilai-nilai dan disaat yang sama berguna bagi dirinya dan orang lain, yang diukur melalui: (i) Mengajukan pertanyaan, (ii) Memberikan ide/pendapat, (iii) Menjadi pendengar yang baik, dan (iv) Dapat bekerjasama.


C.    Kisi-Kisi Instrumen
Tabel 1. Kisi-kisi, Indikator, Kode, Nomor, dan Jumlah Item Instrumen Variabel Penilaian Diri Terhadap Hasil Belajar


Variabel
Indikator
KODE
Pernyataan
Jumlah
Σ
( + )
( - )
( + )
( - )
Keterampilan Sosial
Mengajukan pertanyaan

A

1, 3, 5, 7, 9
2, 4, 6, 8, 10
5
5
10
Memberikan ide/pendapat

B

11, 13, 15, 17, 19
12, 14, 16, 18, 20
5
5
10
Menjadi pendengar yang baik

C

21, 23, 25, 27, 29
22, 24, 26, 28, 30
5
5
10
Dapat bekerjasama

D
31, 33, 35, 37, 39
32, 34, 36, 38, 40
5
5
10
Jumlah

20
20
40









Instrument mengajukan pertanyaan untuk pernyataan nomor 1-10 :
1.      Ketika bapak/ibu guru memberikan kesempatan untuk bertanya ,saya selalu bertanya,jika ada materi pelajaran yang belum saya pahami
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
2.      Ketika bapak/ibu guru memberikan kesempatan untuk bertanya maka kesempatan itu saya biarkan saja, meskipun ada materi pelajaran yang belum saya pahami
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
3.      Setiap ada permasalahan dalam memahami materi pelajaran matematika, saya selalu bertanya kepada orang lain
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
4.      Saya tidak  pernah bertanya pada siapa pun tentang materi pelajaran matematika yang belum saya mengerti
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
5.      Pada saat diskusi kelompok/kelas, saya bertanya pada teman/guru.
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
6.      Saat diskusi kelompok/kelas, saya hanya duduk mendengarkan tanpa mengajukan pertanyaan kepada teman/guru.
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
7.      Materi pelajaran yang tidak jelas, saya akan langsung tanyakan pada guru.
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
8.      Materi pelajaran yang sudah rinci dan jelas masih juga saya pertanyakan.
9.      Apabila ada soal-soal matematika yang belum bisa saya jawab, saya berusaha untuk menanyakannya  pada teman atau guru.
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
10.  Saya tidak pernah bertanya pada teman atau guru jika ada soal-soal matematika yang tidak bisa saya kerjakan
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju



Instrument Memberikan idea atau pendapat untuk pernyataan nomor 11-20 :
11.  Saya memberikan saran atau usul kepada bapak/ibu guru yang  sedang menjelaskan materi pelajaran di dalam kelas
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
12.  Saya tidak pernah memberikan saran atau usul kepada bapak/ibu guru yang  sedang menjelaskan materi pelajaran di dalam kelas
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
13.  Saya senang mengemukakan ide/pendapat pada saat diskusi kelompok/kelas berlangsung.
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
14.  Saya hanya akan memberikan pendapat saat diskusi kelompok/kelas, jika dimintai oleh teman kelompok/guru.
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
15.  Saya suka memberikan ide/pendapat jika ada tugas dari guru matematika yang diberikan kepada kami.
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
16.  Saya kurang menyukai pelajaran matematika, sehingga saya tidak aktif dalam memberikan ide/pendapat saat proses pembelajaran berlangsung.
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
17.  Saya orang yang kreatif mengeluarkan ide/pendapat untuk kepentingan bersama.
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
18.  Saya bukan orang yang kreatif mengemukakan ide/pendapat untuk kepentingan bersama
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
19.  Saya orang yang suka memberian masukan ide/pendapat ke teman-teman/guru, jika ada masalah yang berkaitan dengan materi pelajaran matematika
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
20.  Saya tidak mempunyai ide/pendapat apapun untuk masalah yang berkaitan dengan mata pelajaran matematika.
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju


Instrument menjadi pendengar yang baik  untuk pernyataan nomor 21-30 :
21.  Saya selalu menjadi pendengar yang baik saat teman mencoba menjelaskan materi matematika yang belum saya pahami
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
22.  Saya tidak pernah mendengarkan ketika  teman sedang menjelaskan materi matematika yang belum saya mengerti
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
23.  Saya  cepat tanggap dengan materi pelajaran yang disampaikan oleh guru matematika
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
24.  walaupun guru  matematika sudah berulang-ulang menjelasakan materi yang sama, saya masih tetap tidak mengerti
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
25.  Bila ada orang yang bercerita, saya selalu mendengarkanya dengan baik
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
26.  Saya tidak pernah mendengarkan jika ada orang yang bercerita
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
27.  Saya mendengarkan/memperhatikan penjelasan guru saat proses pembelajaran matematika berlangsung, sehingga saya dapat mudah memahami/mengerti materi yang diajarkan.
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
28.  Saat guru matematika menjelaskan, saya melakukan kegiatan lain yang tidak berhubungan materi pelajaran
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
29.  Pada saat diskusi kelompok/kelas, saya mendengarkan dan memperhatikan jika teman/ guru berbicara.
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
30.  Saya cuek/tidak mendengarkan dengan baik jika teman/guru berbicara.
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju



Instrument dapat bekerjasama  untuk pernyataan nomor 31-40 :
31.  Jika  terbentuk kelompok belajar, saya dan teman selalu kompak dalam menyelesaiakan soal matematika
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
32.  Saya tidak bisa menyelesaikan soal matematika jika ada teman yang membantu mengerjakannya
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
33.  Saya senang bekerjasama dengan teman-teman yang memiliki pengetahuan lebih pada mata pelajaran matematika
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
34.  Saya tidak senang bekerja sama dengan teman yang tidak pintar pada pelajaran matematika
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
35.  Guru matematika mengetahui cara agar dalam sebuah kelompok belajar terjadi kerjasama yang baik
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
36.  Guru matematika tidak perduli dengan kelompok yang tidak bisa bekerjasama/kompak satu sama lain.
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
37.  Dalam sebuah tim kelompok belajar matematika, kami selalu berusaha menjadi yang terbaik.
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
38.  Untuk menjadi kelompok belajar matematika yang terbaik, saya selalu berusaha sendiri tanpa melibatkan teman-teman yang lain.
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
39.  Jika kami dalam sebuah kelompok memperoleh masalah dalam penyelesaian soal matematika,  kami selalu berusaha bersama untuk keluar dari permasalahan tersebut
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju
40.  Dalam sebuah kelompok belajar  matematika, Kami tidak pernah berusaha bersama untuk keluar dari permasalahan yang kelompok kami dapatkan
a). Sangat setuju    b)  Setuju     c)  Ragu-ragu    d)  Tidak setuju  e) Sangat tidak setuju



                                                                                                  Kendari,         Maret   2012
  Panelis,






(...........................................)


1 komentar:

  1. boleh tau itu terosi siapa yang dipakai dalam membuat skala keterampilan sosialnya?

    BalasHapus