irfan.math@yahoo.comTugas:
“PENGEMBANGAN INSTRUMEN”

OLEH :
IRFAN
(A1CI 08 007)
PEND. MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS HALUOLEO
KENDARI
2012
A.
Definisi
Konseptual
Keterampilan sosial merupakan kemampuan berinteraksi dengan orang lain dalam
konteks sosial dengan cara-cara yang khusus yang
dapat diterima secara social maupun nilai-nilai dan disaat
yang sama berguna bagi dirinya dan orang lain.
B.
Definisi
Operasional
Keterampilan sosial merupakan kemampuan berinteraksi dengan orang lain dalam
konteks sosial dengan cara-cara yang khusus yang
dapat diterima secara social maupun nilai-nilai dan disaat
yang sama berguna bagi dirinya dan orang lain,
yang diukur melalui: (i) Mengajukan pertanyaan, (ii) Memberikan ide/pendapat,
(iii) Menjadi pendengar yang baik, dan (iv) Dapat bekerjasama.
C.
Kisi-Kisi
Instrumen
Tabel 1.
Kisi-kisi,
Indikator, Kode, Nomor, dan Jumlah Item Instrumen Variabel Penilaian Diri Terhadap Hasil Belajar
Variabel
|
Indikator
|
KODE
|
Pernyataan
|
Jumlah
|
Σ
|
||
( + )
|
( - )
|
( + )
|
( - )
|
||||
Keterampilan Sosial
|
Mengajukan pertanyaan
|
A
|
1, 3, 5, 7, 9
|
2, 4, 6, 8, 10
|
5
|
5
|
10
|
Memberikan ide/pendapat
|
B
|
11, 13, 15, 17, 19
|
12, 14, 16, 18, 20
|
5
|
5
|
10
|
|
Menjadi pendengar yang baik
|
C
|
21, 23, 25, 27, 29
|
22, 24, 26, 28, 30
|
5
|
5
|
10
|
|
Dapat bekerjasama
|
D
|
31, 33, 35, 37, 39
|
32, 34, 36, 38, 40
|
5
|
5
|
10
|
|
Jumlah
|
|
20
|
20
|
40
|
Instrument mengajukan
pertanyaan
untuk pernyataan nomor 1-10 :
1. Ketika bapak/ibu guru memberikan
kesempatan untuk bertanya ,saya selalu bertanya,jika ada materi pelajaran yang
belum saya pahami
a). Sangat setuju b)
Setuju c) Ragu-ragu
d) Tidak setuju e) Sangat tidak setuju
2. Ketika bapak/ibu guru memberikan
kesempatan untuk bertanya maka kesempatan itu saya biarkan saja, meskipun ada
materi pelajaran yang belum saya pahami
a). Sangat setuju b)
Setuju c) Ragu-ragu
d) Tidak setuju e) Sangat tidak setuju
3. Setiap ada permasalahan dalam memahami
materi pelajaran matematika, saya selalu bertanya kepada orang lain
a). Sangat setuju b)
Setuju c) Ragu-ragu
d) Tidak setuju e) Sangat tidak setuju
4. Saya tidak
pernah bertanya pada siapa pun tentang materi pelajaran matematika yang
belum saya mengerti
a). Sangat setuju b)
Setuju c) Ragu-ragu
d) Tidak setuju e) Sangat tidak setuju
5.
Pada saat diskusi
kelompok/kelas, saya bertanya pada teman/guru.
a).
Sangat setuju b) Setuju
c) Ragu-ragu d)
Tidak setuju e) Sangat tidak
setuju
6. Saat
diskusi kelompok/kelas, saya hanya duduk mendengarkan tanpa mengajukan
pertanyaan kepada teman/guru.
a).
Sangat setuju b) Setuju
c) Ragu-ragu d)
Tidak setuju e) Sangat tidak
setuju
7. Materi
pelajaran yang tidak jelas, saya akan langsung tanyakan pada guru.
a).
Sangat setuju b) Setuju
c) Ragu-ragu d) Tidak
setuju e) Sangat tidak setuju
8. Materi
pelajaran yang sudah rinci dan jelas masih juga saya pertanyakan.
9. Apabila ada soal-soal matematika yang
belum bisa saya jawab, saya berusaha untuk menanyakannya pada teman atau guru.
a). Sangat setuju b)
Setuju c) Ragu-ragu
d) Tidak setuju e) Sangat tidak setuju
10. Saya tidak pernah bertanya pada teman atau
guru jika ada soal-soal matematika yang tidak bisa saya kerjakan
a). Sangat setuju b)
Setuju c) Ragu-ragu
d) Tidak setuju e) Sangat tidak setuju
Instrument Memberikan
idea atau pendapat
untuk pernyataan nomor 11-20 :
11.
Saya
memberikan saran atau usul kepada bapak/ibu guru yang sedang menjelaskan materi pelajaran di dalam
kelas
a). Sangat setuju b)
Setuju c) Ragu-ragu
d) Tidak setuju e) Sangat tidak setuju
12.
Saya
tidak pernah memberikan saran atau usul kepada bapak/ibu guru yang sedang menjelaskan materi pelajaran di dalam
kelas
a). Sangat setuju b)
Setuju c) Ragu-ragu
d) Tidak setuju e) Sangat tidak setuju
13.
Saya senang
mengemukakan ide/pendapat pada saat diskusi kelompok/kelas berlangsung.
a). Sangat setuju b)
Setuju c) Ragu-ragu
d) Tidak setuju e) Sangat tidak setuju
14. Saya
hanya akan memberikan pendapat saat diskusi kelompok/kelas, jika dimintai oleh
teman kelompok/guru.
a).
Sangat setuju b) Setuju
c) Ragu-ragu d)
Tidak setuju e) Sangat tidak
setuju
15. Saya
suka memberikan ide/pendapat jika ada tugas dari guru matematika yang diberikan
kepada kami.
a).
Sangat setuju b) Setuju
c) Ragu-ragu d)
Tidak setuju e) Sangat tidak
setuju
16. Saya
kurang menyukai pelajaran matematika, sehingga saya tidak aktif dalam
memberikan ide/pendapat saat proses pembelajaran berlangsung.
a).
Sangat setuju b) Setuju
c) Ragu-ragu d)
Tidak setuju e) Sangat tidak
setuju
17. Saya
orang yang kreatif mengeluarkan ide/pendapat untuk kepentingan bersama.
a).
Sangat setuju b) Setuju
c) Ragu-ragu d)
Tidak setuju e) Sangat tidak
setuju
18. Saya
bukan orang yang kreatif mengemukakan ide/pendapat untuk kepentingan bersama
a).
Sangat setuju b) Setuju
c) Ragu-ragu d)
Tidak setuju e) Sangat tidak
setuju
19. Saya
orang yang suka memberian masukan ide/pendapat ke teman-teman/guru, jika ada
masalah yang berkaitan dengan materi pelajaran matematika
a).
Sangat setuju b) Setuju
c) Ragu-ragu d)
Tidak setuju e) Sangat tidak
setuju
20. Saya
tidak mempunyai ide/pendapat apapun untuk masalah yang berkaitan dengan mata
pelajaran matematika.
a).
Sangat setuju b) Setuju
c) Ragu-ragu d)
Tidak setuju e) Sangat tidak
setuju
Instrument menjadi
pendengar yang baik untuk pernyataan nomor 21-30 :
21. Saya selalu menjadi pendengar yang baik saat teman
mencoba menjelaskan materi matematika yang belum saya pahami
a).
Sangat setuju b) Setuju
c) Ragu-ragu d) Tidak
setuju e) Sangat tidak setuju
22. Saya tidak pernah mendengarkan ketika teman sedang menjelaskan materi matematika
yang belum saya mengerti
a).
Sangat setuju b) Setuju
c) Ragu-ragu d)
Tidak setuju e) Sangat tidak
setuju
23. Saya cepat tanggap dengan materi pelajaran yang disampaikan oleh
guru matematika
a).
Sangat setuju b) Setuju
c) Ragu-ragu d)
Tidak setuju e) Sangat tidak
setuju
24. walaupun guru matematika sudah berulang-ulang menjelasakan
materi yang sama, saya masih tetap tidak mengerti
a).
Sangat setuju b) Setuju
c) Ragu-ragu d)
Tidak setuju e) Sangat tidak
setuju
25. Bila
ada orang yang bercerita, saya selalu mendengarkanya dengan baik
a).
Sangat setuju b) Setuju
c) Ragu-ragu d)
Tidak setuju e) Sangat tidak setuju
26. Saya
tidak pernah mendengarkan jika ada orang yang bercerita
a).
Sangat setuju b) Setuju
c) Ragu-ragu d)
Tidak setuju e) Sangat tidak
setuju
27. Saya
mendengarkan/memperhatikan penjelasan guru saat proses pembelajaran matematika
berlangsung, sehingga saya dapat mudah memahami/mengerti materi yang diajarkan.
a).
Sangat setuju b) Setuju
c) Ragu-ragu d)
Tidak setuju e) Sangat tidak
setuju
28. Saat
guru matematika menjelaskan, saya melakukan kegiatan lain yang tidak
berhubungan materi pelajaran
a).
Sangat setuju b) Setuju
c) Ragu-ragu d)
Tidak setuju e) Sangat tidak
setuju
29. Pada
saat diskusi kelompok/kelas, saya mendengarkan dan memperhatikan jika teman/
guru berbicara.
a).
Sangat setuju b) Setuju
c) Ragu-ragu d)
Tidak setuju e) Sangat tidak
setuju
30. Saya
cuek/tidak mendengarkan dengan baik jika teman/guru berbicara.
a).
Sangat setuju b) Setuju
c) Ragu-ragu d)
Tidak setuju e) Sangat tidak
setuju
Instrument dapat
bekerjasama untuk pernyataan nomor 31-40 :
31. Jika terbentuk
kelompok belajar, saya dan teman selalu kompak dalam menyelesaiakan soal
matematika
a).
Sangat setuju b) Setuju
c) Ragu-ragu d)
Tidak setuju e) Sangat tidak
setuju
32. Saya tidak bisa menyelesaikan soal matematika jika ada
teman yang membantu mengerjakannya
a).
Sangat setuju b) Setuju
c) Ragu-ragu d)
Tidak setuju e) Sangat tidak
setuju
33. Saya senang bekerjasama dengan teman-teman yang
memiliki pengetahuan lebih pada mata pelajaran matematika
a).
Sangat setuju b) Setuju
c) Ragu-ragu d)
Tidak setuju e) Sangat tidak
setuju
34. Saya tidak senang bekerja sama dengan teman yang tidak
pintar pada pelajaran matematika
a).
Sangat setuju b) Setuju
c) Ragu-ragu d)
Tidak setuju e) Sangat tidak
setuju
35. Guru matematika mengetahui cara agar dalam sebuah
kelompok belajar terjadi kerjasama yang baik
a).
Sangat setuju b) Setuju
c) Ragu-ragu d)
Tidak setuju e) Sangat tidak
setuju
36. Guru matematika tidak perduli dengan kelompok yang
tidak bisa bekerjasama/kompak satu sama lain.
a).
Sangat setuju b) Setuju
c) Ragu-ragu d)
Tidak setuju e) Sangat tidak
setuju
37. Dalam sebuah tim kelompok belajar matematika, kami
selalu berusaha menjadi yang terbaik.
a).
Sangat setuju b) Setuju
c) Ragu-ragu d)
Tidak setuju e) Sangat tidak
setuju
38. Untuk menjadi kelompok belajar matematika yang
terbaik, saya selalu berusaha sendiri tanpa melibatkan teman-teman yang lain.
a).
Sangat setuju b) Setuju
c) Ragu-ragu d)
Tidak setuju e) Sangat tidak
setuju
39. Jika kami dalam sebuah kelompok memperoleh masalah
dalam penyelesaian soal matematika, kami
selalu berusaha bersama untuk keluar dari permasalahan tersebut
a).
Sangat setuju b) Setuju
c) Ragu-ragu d)
Tidak setuju e) Sangat tidak
setuju
40. Dalam sebuah kelompok belajar matematika, Kami tidak pernah berusaha
bersama untuk keluar dari permasalahan yang kelompok kami dapatkan
a).
Sangat setuju b) Setuju
c) Ragu-ragu d)
Tidak setuju e) Sangat tidak
setuju
Kendari, Maret
2012
Panelis,
(...........................................)
boleh tau itu terosi siapa yang dipakai dalam membuat skala keterampilan sosialnya?
BalasHapus