PERANGKAT RPP MATEMATIKA SMP
BERKARAKTER
KESEBANGUNAN DAN
KEKONGRUENAN
Pertemuan ke -3
Kelas : IX (Sembilan)
Semester : 1 (ganjil)

Oleh
:
IRFAN
(A1C1 08 006)
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS HALUOLEO
KENDARI
2012
DAFTAR ISI
Silabus .....................................................................................................................
RPP .........................................................................................................................
Lembar Kerja Siswa ................................................................................................
Kunci LKS ..............................................................................................................
Lembar Penilaian Proses
(LP-2) ..............................................................................
Tes Hasil Belajar Siswa
(LP-1) ...............................................................................
Kunci LP-1 .............................................................................................................
Lembar Penilaian Diri
(LP-3) dan Keterampilan Sosial (LP-4) ..............................
Lembar Pengamatan Perilaku
Berkarakter dan Keterampilan ................................
SILABUS
Tingkat Satuan Pendidikan : SMP Negeri 2 Kulisusu
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : IX/ 1
Standar
Kompetensi :
Memahami
kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.nnya
Kompetensi
Dasar : 1.2. Mengidentifikasi sifat - sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
Pertemuan ke- : 3 (tiga)
Materi Pokok Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
|||||
Kesebangunan
|
v
Mendiskusikan definisi kesebangunan dua segitiga
v
Mendiskusikan definisi kekongruenan dua segitiga
v
Mencermati perbedaan dua segitiga sebangun
v
Mencermati perbedaan dua segitiga yang kongruen
|
Kognitif:
a. Mendefenisikan kesebangunan dua
segitiga
b. Mendefenisikan kekongruenan
dua segitiga
c.
Membedakan pengertian sebangun dan
kongruen dua segitiga.
d.
Mengaplikasikan
pengetahuan tentang kesebangunan dan kekongruenan dua segitiga
|
Tes
|
Tes Tertulis
|
LP1:
Tes-1 Hasil Belajar Matematika
LP-2: Penilaian Proses
LP-3: Penilaian Afektif
a.
Lembar
Penilaian Diri
b.
Penilaian
Keterampilan Sosial
|
2 x 40’
|
1.
Nuniek
Avianti Agus
Mudah belajar
matematika kelas IX sekolah menengah pertama.
2.
Silabus
3.
LKS kesebangunan
4.
Kunci
LKS
5.
LP-1
Penilaian Produk
6.
Kunci
LP-1
7.
LP-2 dan
LP-5 Penilaian Proses saat siswa
menyelesaikan LKS dan Praktikum
8.
LP-3
Penilaian Perilaku Berkarakter (Penilaian Diri)
9.
LP-4
Penilaian Keterampilan Sosial
10.
Lembar Pengamatan
|
|
|
Afektif:
Perilaku Berkarakter
a)
Dapat
dipercaya
b)
Menghargai
c)
Tanggung jawab
individu
d)
Tanggung jawab sosial
e)
Adil
f)
Peduli
Keterampilan Sosial
a)
Bertanya
b)
Memberikan
Ide/ Pendapat
c)
Menjadi
pendengar yang baik
d)
Kerja
sama
|
|
|
LP-4:
Lembar Penilaian Diri dan Lembar Pengamatan
LP-5:
Lembar Penilaian Kelompok pada Kegiatan Psikomotor
|
|
|
DAFTAR PUSTAKA
Nuniek Avianti Agus, 2008. Mudah belajar matematika kelas IX sekolah
menengah pertama. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.
RPP
BERKARAKTER
Tingkat
Satuan Pendidikan : SMP N 2 Kulisusu
Mata
Pelajaran :
Matematika
Kelas/
Semester : IX/ 1
Materi : Kesebangunan
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
I.
Standar Kompetensi : Memahami kesebangunan bangun datar
dan penggunaannya dalam pemecahan
masalahnnya
II.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi sifat - sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
III.
Indikator :
a.
Kognitif:
1.
Mendefenisikan
kesebangunan
dua segitiga
2.
Mendefenisikan
kekongruenan dua
segitiga
3.
Membedakan pengertian
sebangun dan kongruen dua segitiga
4.
Mengaplikasikan pengetahuan tentang kesebangunan dan kekongruenan dua segitiga
b.
Afektif:
1.
Perilaku Berkarakter
a)
Dapat
dipercaya (K1)
b)
Menghargai
(K2)
c)
Tanggung
jawab individu (K3)
d)
Tanggung jawab social (K4)
e)
Adil (K5)
f)
Peduli
(K6)
2.
Keterampilan Sosial
a)
Bertanya
b)
Memberikan
Ide/ Pendapat
c)
Menjadi
pendengar yang baik
d)
Kerja sama
c.
Psikomotor
IV.
Tujuan Pembelajaran:
a.
Kognitif
1.
Diberikan
dua segitiga yang sebagun, siswa dapat mendefenisikan segitiga tersebut secara
masuk akal (reasonable)
2.
Diberikan
dua segitiga yang kogruen, siswa dapat mendefinisikan segitiga tersebut secara
benar
3.
Diberikan
berbagai macam segitiga yang sebangun dan kongruen, siswa dapat membedakan mana
segitiga yang sebangun dan segitiga yang kongruen.
4.
Diberikan
masalah berpikir kritis tentang kesebangunan dan kekongruenan dua segitiga, siswa dapat mengaplikasikan
pengetahuan mereka dalam penyelesaian soal mengacu pada kesebangunan dua
segitiga.
b.
Afektif
1.
Perilaku
Berkarakter
Terlibat dalam proses
belajar mengajar berpusat pada siswa, dan siswa diberi kesempatan melakukan
penilaian diri terhadap kesadaran dalam menunjukkan karakter:
a)
Dalam proses
pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter dapat dipercaya. Diantaranya siswa jujur, mampu mengikuti
komitmen, mencoba melakukan tugas yang diberikan, menjadi teman yang baik dan
membantu orang lain.
b)
dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan
karakter menghargai. Diantaranya
siswa memperlakukan teman/ guru dengan baik, sopan dan
hormat, peka terhadap perasaan orang lain, tidak pernah menghina atau
mempermainkan teman/ guru, tidak pernah mempermalukan teman/ guru.
c)
Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan
karakter tanggung jawab individu. Diantaranya
siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan, dapat
dipercaya/diandalkan, tidak penah membuat alasan atau menyalahkan orang lain
atas perbuatannya.
d)
Dalam proses pembelajaran, siswa dilatihkan karakter
tanggung jawab social. Diantaranya siswa mengerjakan
tugas kelompok untuk kepentingan bersama, secara sukarela membantu teman/ guru.
e)
Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan
karakter adil. Diantaranya siswa tidak pernah
curang, menyontek hasil kerja siswa/ kelompok lain, bermain atau berbuat
berdasarkan aturan, tidak pernah mengambil keuntungan dari orang lain.
f)
Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan
karakter peduli. Diantaranya siswa peka terhadap
perasaan orang lain, mencoba untuk membantu siswa/ guru yang membutuhkan.
2.
Keterampilan
Sosial
Terlibat dalam proses
belajar mengajar berpusat pada siswa dan siswa diberi kesempatan menunjukkan
keterampilan sosial berikut.
a)
Dalam
diskusi kelompok atau kelas, siswa aktif mengajukan pertanyaan.
b)
Dalam
diskusi kelompok atau kelas, siswa aktif memberikan ide atau pendapat.
c)
Dalam
proses pembelajaran di kelas, siswa dapat menjadi pendengar yang baik.
d)
Dalam
diskusi kelompok, siswa dapat bekerjasama dalam menyelesaikan tugas/ LKS.
c.
Psikomotor
Dengan bahan dan alat
yang disediakan seperti kertas, mistar, gunting, busur dan jangka, siswa
melakukan kegiatan berkaitan tujuan pembelajaran untuk memperdalam bangun
berbagai macam segitiga yang sebangun dan kongruen untuk mendukung dan
mendalami LKS-01 dan Penilaian Produk (LP-01).
V.
Model Pembelajaran
Model Pembelajaran
Kooperatif tipe STAD
VI.
Alat/ Bahan
Kertas manila
berbagai macam warna, gunting, mistar, busur derajat dan jangka.
VII. Materi
Pembelajaran
Kesebangunan
VIII.
Proses Pembelajaran
A.
Pendahuluan
(10 menit)
No
|
Kegiatan
|
Karakter/
Keterampilan Sosial
|
Keterlaksanaan
(Terlaksana/
Tidak)
|
Saran
Perbaikan
|
1.
|
Guru memotivasi dan mendorong siswa untuk fokus
pada materi melalui aktifitas membuat berbagai macam segitiga yang sebangun
dan kongruen secara kelompok dengan menggunakan bahan yang telah dijanjikan
pada pertemuan sebelumnya
|
Melalui kegiatan ini, siswa dilatihkan
1.
Perilaku Berkarakter
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]()
2.
Keterampilan Sosial
![]() ![]() ![]() ![]() |
|
|
2.
|
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran
berkaitan dengan dua segitiga yang
sebangun dan kongruen , memberikan contoh misalnya akan menjadi ahli … dan
lain-lain. Dan menyampaikan bahwa diakhir kerja LKS ada presentasi dari
masing-masing kelompok..
|
|
|
|
3.
|
Guru membagi kelompok secara heterogen dengan
tidak membedakan jenis kelamin, status social, suku dan ras sesuai model
pembelajaran kooperatif tipe STAD
|
|
|
B.
Kegiatan Inti (50 menit)
No
|
Kegiatan
|
Karakter/ Keterampilan Sosial
|
Keterlaksanaan (Terlaksana/ Tidak)
|
Saran Perbaikan
|
1.
|
Pembentukan kelompok sudah selesai
Guru menyampaikan informasi tentang
pokok-pokok materi kesebangunan dan kekongruenan dua segitiga
|
Melalui kegiatan ini, siswa dilatihkan
1.
Perilaku Berkarakter
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]()
2.
Keterampilan Sosial
![]() ![]() ![]() ![]() |
|
|
2.
|
Guru membagikan LKS-01 pada setiap kelompok
untuk dikerjakan dalam setiap kelompok
|
|
|
|
3.
|
Siswa diminta untuk membaca LKS-01 dan
memastikan bahwa mereka memahami apa yang akan dilakukan pada kegiatan
berkelompok
|
|
|
|
4.
|
Siswa bekerja dalam masing-masing kelompok
menggunakan LKS-01 dan mengikuti tahapan yang tersedia atau terpaksa
menggunakan buku siswa
|
|
|
|
5.
|
Guru berkeliling, mengajukan pertanyaan dan
memberi bantuan kepada siswa jika diperlukan.
|
|
|
|
6.
|
Guru memanggil perwakilan kelompok untuk
mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas.
|
|
|
|
7.
|
Guru memberikan reward atau hadiah bagi
kelompok yang semua pekerjaannya benar, sebagai dorongan atau motivasi agar
mereka mau menekuni atau agar senang belajar matematika.
|
Dengan kegiatan presentasi siswa dilatihkan
untuk berani berpendapat, aktif bertanya, mendengar, peduli, menghargai,
serta bertanggung jawab secara sosial.
|
|
|
C.
Penutup (20 menit)
No
|
Kegiatan
|
Karakter/ Keterampilan Sosial
|
Keterlaksanaan (Terlaksana/ Tidak)
|
Saran Perbaikan
|
1.
|
Guru membagikan sejumlah soal tentang kesebangun
dan kekongruenan dua segitiga sebagai
kognitif produk (LP-01) yang dikerjakan secara individu
|
Dengan
kerja individu pada LP-01 tanpa nyontek dan kerja sama, siswa dilatih untuk
mengembangkan budaya berkarakter melalui:
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]()
Dan siswa
dilatih untuk berpikir kritis
|
|
|
2.
|
Soal tersebut dipilih dari soal-soal pada
LKS-01 yang berkaitan dengan kesebangun dan kekongruenan dua segitiga : (i) Mendefenisikan dua segitiga yang
sebangun dan kongruen, (ii) menentukan
dua segitiga yang sebangun, dan (iii) menentukan dua segitiga yang kongruen
|
|
|
|
3.
|
Siswa diminta untuk mengisi Lembar Penilaian
Diri dan Keterampilan Sosial secara Individu
|
Siswa
dilatih untuk mengoreksi diri secara jujur
|
|
|
IX.
Sumber Pembelajaran
1.
Silabus
2.
Lembar
Kerja Siswa (LKS-01)
3.
Lembar
Penilaian Produk (LP-1) dilengkapi kunci
4.
LP-2:
Lembar Penilaian Proses
5.
LP-3:
Lembar Penilaian Diri (perilaku berkarakter)
6.
LP-4:
Lembar penilaian keterampilan sosial
7.
LP-5:
Lembar Penilaian psikomotor
8.
Buku Siswa
DAFTAR
PUSTAKA
Nuniek Avianti Agus, 2008. Mudah belajar matematika kelas IX sekolah
menengah pertama. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.
LEMBAR
KERJA SISWA (LKS-01)
![]() |
1.
![]() |
Perhatikan
dua gambar segitiga di samping ! dua gambar tersebut dikatakan sebangun.
Jelaskan pengertian kesebangunan dua segitiga dengan kata-kata anda sendiri
.?
Jawab:
Pengertian kesebangunan dua
segitiga adalah dua segitiga yang memiliki sudut-sudut bersesuaian sama besar dan sisi-sisi yang bersesuaian memiliki
perbandingan senilai
|
2.
![]() |
Perhatikan
dua gambar segitiga yang kongruen di samping ! Jelaskan pengertian
kekongruenan dua segitiga.?
Jawab:
Pengertian
kekongruenan dua segitiga adalah dua
segitiga yang memiliki Bentuk
dan ukuran yang sama, dan
Sudut-sudut yang
bersesuaian sama besar.
|
3.
![]() |
Jelaskan
dengan kata-kata anda sendiri apakah kedua bangun di samping sebangun..?
Jawab:
Gambar
di samping adalah gambar dua segitiga yang sebangun karena Perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian
sama, Sudut-sudut
yang bersesuaian sama besar,dan dua sisi yang bersesuaian memiliki perbandingan
yang sama dan sudut bersesuaian yang diapit sama besar
|
4.
![]() |
Jelaskan
dengan kata-kata anda sendiri apakah dua bangun segitiga di samping
kongruen ?
Jawab:
Dua
segitiga di samping kongruen karena Sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang,Dua
sisi yang bersesuaian sama panjang dan satu sudut yang diapit oleh kedua sisi tersebut
sama besar, dan Dua
sudut yang bersesuaian sama besar dan satu sisi yang bersesuaian sama
panjang.
|
5.
![]() |
Perhatikan
gambar di samping ! jelaskan mengapa
![]()
Jawab:
![]() |
6.
Jika panjang
sisi-sisi segitiga I = 3 cm, 4 cm, dan 5 cm, dan panjang sisi-sisi segitiga II
= 6 cm,
8 cm, dan 10
cm, jelaskan apakah kedua segitiga tersebut sebangun..?
7.
pada
ABC, panjang sisi AB=12 cm, BC= 8 cm dan AC=
10 cm,
300. sedangkan
PQR,
panjang sisi PQ= 12 cm, QR= 15 cm dan PR=18 cm,
P=450 jelaskan apakah kedua
segitiga tersebut sebangun..?




8.
pada
ABC diketahui besar
A = 700 dan besar
C = 500, panjang sisi AB=7 cm sedangkan
PQR diketahui besar
P = 700 dan besar
R = 500 ,panjang sisi PQ= 7 cm, jelaskan apakah kedua segitiga tersebut kongruen ?






9.
jika PQRS adalah sebuah
jajar genjang dengan salah satu diagonalnya
QS.jelaskan
apakah
PQS dan
RSQ kongruen?


10. Jika dua buah segitiga yakni
dan
diketahui besar
Q= 300, panjang sisi



TS = 8 cm dan
panjang sisi PR= 12 cm, jelaskan apakah kedua segitiga tersebut sebangun..?
11. apakah
PQR sebangun dengan
MNO,jika panjang PQ=10
cm , PR=15 cm , RQ=7cm, OM=45 cm ,MN=30
cm , dan ON= 21 cm, jelaskan..?


12.
Jika
ABC dengan siku-siku di B; Dan
PQR dengan siku-siku di P,
dan diketahui panjang BC = 8 cm dan QR = 10 cm, jelaskan apakah kedua segitiga tersebut kongruen..?


13.
Jika
pada
diketahui besar
A sama dengan besar
M pada
, besar
sama dengan besar
, dan panjang
garis BC sama dengan panjang garis LM, jelaskan apakah kedua segitiga tersebut
kongruen..?






14.
pada
ABC,
panjang sisi AB=9 cm, BC= 8 cm dan AC= 10 cm. sedangkan
PQR,
panjang sisi PQ= 3 cm, QR= 4 cm dan PR=5 cm, jelaskan apakah kedua segitiga
tersebut sebangun dan kongruen..?


15.
Pada
FKL diketahui besar
=720
, panjang garis KF=9 cm dan panjang garis KL= 8 cm. dan pada
KLM
diketahui besar
=720, panjang
garis LK= 9 cm, panjang garis
LM= 8 cm, jelaskan apakah dua segitiga tersebut sebangun dan kongruen..?




|
KUNCI
LKS-01
6.
|
Kedua segitiga tersebut sebangun karena sisi-sisi
yang bersesuaian memiliki perbandingan senilai.
|
7.
|
Kedua segitiga tersebut tidak sebangun karena
sudut-sudut yang bersesuaian tidak sama besar dan sisi-sisi yang bersesuain
tidak sebanding.
|
8.
|
Kedua
segitiga tersebut kongruen karena dua sudut pada segitiga pertama sama besar dengan
dua sudut yang bersesuaian pada segitiga kedua,
dan sisi yang merupakan kaki persekutuan kedua sudut sama panjang (sd, s, sd).
|
9.
|
Pada jajargenjang, sisi-sisi yang berhadapan sama
panjang dan sejajar sehingga PQ = SR, PQ // SR, dan
PS = QR, PS // QR. Selanjutnya, QS
adalah diagonal sehingga QS = SQ.
Dengan demikian, sisi-sisi yang bersesuaian dari PQS
dan RSQ sama panjang (s.s.s).
Jadi, PQS dan
RSQ kongruen.
|
10.
|
Karena besar sudut pada kedua segitiga
tesebut sama besar yakni
![]() |
11.
|
Karena
![]() ![]() |
12.
|
Karena dan dua sisi yang bersesuaian sama panjang
dan satu sudut yang diapit oleh kedua
sisi tersebut sama besar yaitu sudut siku-siku (
![]() |
13.
|
Kedua segitiga tersebut kongruen karena
besar
![]() ![]() ![]() ![]() |
14.
|
![]() ![]() |
15.
|
Kedua segitita
tersebut sebangun dan kongruen karena dua sisi yang bersesuaian sama panjang dan sudut yang diapitnya sama
besar (s.sd.s).
|
PENILAIAN
PROSES (KELOMPOK) LP-2
Jenis
Asesmen
|
Kegiatan
|
Rentang
Skor
|
Skor
|
Diagnostik (Persiapan)
|
1.
Menyimak
LKS secara seksama sesuai dengan prosedur
2.
Keterlibatan
semua siswa dalam kelompok untuk menelaah LKS
|
0-5
|
|
Formatif (Pelaksanaan)
|
1.
Siswa
membaca, mengerti, memahami, dan mendalami pengertian dari kesebagunan dan
kekongruenan dua segitiga seperti yang telah diselesaikan pada LKS nomor 1-5
|
0-5
|
|
|
2.
Siswa
mengaplikasikan soal LKS nomor 1-5 untuk mengetahi pengertian kesebangunan
dan kekongruenan dua segitiga
|
0-5
|
|
|
3.
Siswa
menggambar dua segitiga yang sebangun
untuk penyelesaian soal 6-8 pada LKS
|
0-5
|
|
|
4.
Siswa menggambar
dua segitiga yang kongruen untuk penyelesaian soal nomor 8 dan 9 pada LKS
secara bergantian
|
0-5
|
|
|
5. Siswa menggambar dengan menggunakan busur,
jangka, mistar atau menggunakan lidi untuk macam-macam segitiga yang sebangun
dan kongruen sesuai soal 9-15 pada LKS secara bergantian
|
0-5
|
|
|
6. Siswa mengerti dan memahami pengertian dari
kesebangunan dan kekongruenan dua segitiga.
|
0-5
|
|
|
7.
Siswa
dapat menentukan mana segitiga yang sebangun dan mana segitiga yang kongruen
|
0-5
|
|
|
8.
Siswa
membuat kesimpulan sementara
|
0-5
|
|
Sumatif (kegiatan akhir)
|
1.
Menyimpulkan
hasil kerja kelompok saat presentasi
|
0-10
|
|
|
2.
Menceritakan
pengalaman yang didapat dari kegiatan dengan menggunakan alat bantu
|
0-10
|
|
|
3.
Berpikir
kritis pada kegiatan yang dialami pada saat membuat kesimpulan sementara tentang
pengertian kesebangunan dan kekongruenan dua segitiga.
|
0-10
|
|
|
JUMLAH SKOR
|
80
|
76
|
NILAI AKHIR =
X 100

PENILAIAN
DAN RUBRIK PENILAIAN
NO.
|
NAMA SISWA
|
SKOR
INDIVIDU
|
BONUS
|
SKOR AKHIR
|
1.
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
DST.
|
|
|
|
Keterangan
1.
Poin bonus
berdasarkan ketentuan berikut.
Skor
Individu
|
Bonus
|
90-100
|
6 poin
|
80-89
|
4 poin
|
70-79
|
2 poin
|
2.
Bonus yang
ditetapkan adalah poin terendah dalam kelompok tersebut
3.
Skor akhir
individu siswa adalah skor individu ditambah bonus.
SOAL
PERTEMUAN – 1
(LP1:
KOGNITIF PRODUK)
Nama: ………………………….. Kelas:
….. Tanggal: ………………
A.
Tulis
defenisi (pengertian) dari gambar kesebangunan dan kekongruenan dua segitiga yang diberikan.
1.
![]() ![]() |
|
2.
![]() ![]() ![]() |
|
3.
![]() ![]() |
|
4.
![]() ![]() |
|
5.
![]() ![]() |
|
B.
Tuliskan
dengan huruf a, b, dan c sesuai dengan pertanyaan pada kolom klasifikasi
6.
![]()
AB= 3 cm, BC=
4 cm dan AC= 5 cm
![]()
MO=
6 cm, OP=8 cm, dan MP= 10 cm
7.
![]()
MO= 3cm,
MN= 5cm dan
![]() ![]()
PR
= 3 cm, PQ=5 cm, dan
![]()
8.
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
![]() ![]() ![]() |
a.
Dua
segitiga kongruen
b.
Dua
segitiga sebangun
c.
Dua
segtiga sebangun dan kongruen
|
CATATAN:
1.
SKOR 10
UNTUK BUTIR SOAL NO. 1-5
2.
SKOR 5
UNTUK BUTIR SOAL NO. 6-8
TANDA
TANGAN SISWA
-------------------------------
KUNCI
LP 1:
1.
![]() |
Definisi
bangun di samping adalah bangun yang
dibentuk oleh dua segitiga yaitu
![]() ![]()
membagi dua sisi FG dan FH sehingga kedua
bangun segitiga tersebut mempunyai perbandingan yang senilai dan disebut
kesebangunan dua segitiga
|
|||
2.
![]() ![]() |
Defenisi bangun di
samping adalah bangun yang terbentuk dari
![]() |
|||
3.
![]() ![]() |
Definisi dua segitiga
di samping adalah dua buah segitiga dengan panjang sisi yang bersesuaian sama
panjang , yaitu panjan sisi AC = DF, AB = DE dan BC = EF dengan besar
![]() ![]() ![]() |
|||
4.
![]() ![]() |
Definisi bangun di samping adalah sebuah bangun yang
di bentuk oleh
![]() ![]() |
|||
5.
![]() ![]() |
Definisi dua segitiga
di samping adalah dua buah segitiga dengan panjang sisi yang bersesuaian sama
panjang , yaitu panjan sisi AE = CD, EG = CB , AG = BD dan siku-siku di E
pada
![]() ![]() |
6.
: diketahui panjang
|

AB= 3 cm, BC=
4 cm dan AC= 5 cm

MO= 6 cm, OP=8
cm, dan MP= 10 cm
7.
: diketahui panjang
|

MO= 3cm,
MN= 5cm dan
=40o


PR = 3 cm, PQ=5
cm, dan
=40o

8.
: besar sudut

|







LP-3:
Lembar Penilaian Diri (Perilaku Berkarakter)
LP-4: Keterampilan
Sosial
(diisi oleh siswa)
Nama:
.............................................. Kelas:
............... Tanggal:
.............................
Petunjuk:
Hasil Lembar Penilaian Diri ini akan digunakan
untuk mengembangkan alar ukur karakter dan keterampilan sosial siswa. Oleh
karena itu Anda dimohon menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut dengan
sebenar-benarnya dan tulislah alasan Anda pada tempat yang disediakan!
A.
Karakter
1.
Apakah Anda orang yang dapat
dipercaya?
Benar Salah Selama proses pembelajaran
matematika ini
berlangsung,
![]()
Saya
mampu mengikuti komitmen saya untuk tetap fokus pada tugas yang diberikan atau pada pembelajaran matematika.
Saya
mencoba untuk melakukan tugas matematika yang diberikan, meskipun itu terasa
sulit.
Saya
adalah teman yang baik dan dapat membantu orang lain.
Saya pikir
saya orang yang dapat/tidak dapat dipercaya karena: ……………............................... ............................................................................................................................................................
..............................................................................
|
2.
Apakah Anda orang yang menghargai
orang lain?
Benar Salah Selama proses pembelajaran matematika ini
berlangsung,
![]()
Saya
memperlakukan teman/guru saya dengan sopan dan hormat.
Saya peka
terhadap perasaan teman/guru saya.
Saya tidak
pernah menghina atau mempermainkan teman/guru.
Saya tidak
pernah menertawakan
atau mempermalukan teman/guru.
Saya tidak
pernah berprasangka atau
bersikap rasis pada teman /guru.
Saya pikir saya orang yang menghargai/tidak
menghargai teman /guru karena: ..........................
.......................................................................................................................................................................................................................................
|
3.
Apakah Anda orang yang
bertanggung jawab secara individu?
Benar Salah Selama proses pembelajaran matematika ini
berlangsung,
Saya
mengerjakan tugas-tugas pelajaran matematika yang perlu saya lakukan.
Saya dapat
dipercaya dan diandalkan.
Saya tidak
pernah membuat alasan atau menyalahkan orang lain atas perbuatan saya.
Saya selalu
mengikuti komitmen saya.
Saya pikir saya orang yang bertanggung
jawab/tidak bertanggung jawab secara individu karena:
..............................................................................................................................................................................................................................................................
|
4.
Apakah Anda orang yang bertanggung
jawab secara sosial?
Benar Salah Selama proses pembelajaran
matematika ini berlangsung,
Saya mengerjakan tugas saya untuk kebaikan bersama.
Saya secara suka rela membantu
teman/guru yang membutuhkan.
Saya berpartisipasi dan membantu guru
saya mengerjakan tugas-tugas pengajarannya.
Saya melakukan sesuatu yang saya bisa
untuk membantu menjaga kebersihan dan keamanan kelas/sekolah.
Saya
pikir saya orang yang bertanggung jawab/tidak bertanggung jawab
secara sosial karena:
..............................................................................................................................................
................................................................................................................................
|
5.
Apakah Anda orang yang adil?
Benar Salah Selama proses pembelajaran matematika
ini berlangsung,
![]()
Saya memperlakukan teman secara seimbang
dan tanpa merugikan.
Saya mempertimbangkan perasaan
teman/guru yang akan terpengaruh akibat perbuatan saya.
Saya berpikiran terbuka dan masuk akal.
Saya bermain berdasarkan aturan.
Saya pikir saya orang yang adil/tidak
adil karena : .........................................................................
................................................................................................................................
|
6.
Apakah Anda orang yang peduli?
Benar Salah Selama proses pembelajaran matematika ini
berlangsung,
Saya peka terhadap
perasaan orang lain.
Saya
memperlakukan teman/guru dengan baik dan murah hati.
Saya
berpikir tentang bagaimana perbuatan saya akan berdampak pada yang lain.
Saya tidak
pernah benar-benar membenci atau menyakiti.
Saya mencoba
untuk membantu
teman/guru yang membutuhkan.
Saya pikir saya orang
yang peduli/tidak peduli terhadap
teman/guru karena :
..............................................................................................................................................................................................................................................................
|
B. Keterampilan Sosial
1.
Pada saat diskusi kelompok/kelas,
saya mengemukakan ide/pendapat.
a.
Ya b.
Tidak
Ide/pendapat yang saya kemukakan adalah
...........................................................
................................................................................................................................................................................................................................................................
2.
Pada saat diskusi kelompok/kelas,
saya bertanya pada guru atau teman.
a.
Ya b.
Tidak
Pertanyaan yang saya ajukan adalah
....................................................................
............................................................................................................................................................................................................................................................
3.
Pada saat diskusi kelompok/kelas,
saya mendengarkan dan memperhatikan jika teman atau guru berbicara.
a.
Selalu b. Sering c.
Kadang-kadang d. Tidak Pernah
4.
Saya senantiasa bekerja sama
dengan anggota kelompok/siswa yang lain.
a.
Ya b.
Tidak
LEMBAR PENGAMATAN LP-3 dan
LP-4
Perilaku berkarakter dan
keterampilan sosial
(diisi oleh guru)
Petunjuk:
Berilah tanda (√) pada kolm ya/tidak/ragu-ragu yang sesuai dengan
keadaan yang sebenarnya. Sedangkan pada kolom komentar tuliskan intensitas dari
hal yang dilakukan siswa (1 = tidak pernah, 2 = jarang, 3 = sering) atau
kejadian lain yang dipandang perlu.
Aspek yang diamati
|
Siswa 1
|
Siswa 2
|
Siswa 3
|
Siswa ........
|
Komentar
|
||||||||
Ya
|
Tidak
|
Ragu-ragu
|
Ya
|
Tidak
|
Ragu-ragu
|
Ya
|
Tidak
|
Ragu-ragu
|
Ya
|
Tidak
|
Ragu-ragu
|
||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
(10)
|
(11)
|
(12)
|
(13)
|
(14)
|
Perilaku berkarakter
A. Dapat
dipercaya
1.
Siswa jujur. Siswa hanya
mempelajari materi yang sedang diajarkan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Siswa mampu mengikuti
komitmennya untuk tetap fokus pada
tugas yang diberikan atau pada pembelajaran matematika.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Siswa mencoba untuk melakukan
tugas matematika yang diberikan, meskipun itu terasa sulit.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
Siswa adalah teman yang baik
bagi siswa yang lain dan dapat membantu orang lain.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang diamati
|
Siswa 1
|
Siswa 2
|
Siswa 3
|
Siswa ........
|
Komentar
|
||||||||
Ya
|
tidak
|
Ragu-ragu
|
Ya
|
tidak
|
Ragu-ragu
|
Ya
|
tidak
|
Ragu-ragu
|
Ya
|
tidak
|
Ragu-ragu
|
||
B. Menghargai
1.
Siswa memperlakukan teman
kelompok dan teman yang lain dengan cara seperti yang dia harapkan siswa lain
memperlakukannya.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Siswa memperlakukan teman/guru
dengan sopan dan hormat.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Siswa peka terhadap perasaan teman/guru.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
Siswa tidak pernah menghina atau
mempermainkan teman/guru selama pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
Siswa tidak pernah menertawakan atau
mempermalukan teman/guru selama pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
Siswa tidak pernah berprasangka atau bersikap rasis pada
teman/ guru selama pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang diamati
|
Siswa 1
|
Siswa 2
|
Siswa 3
|
Siswa ........
|
Komentar
|
||||||||
Ya
|
tidak
|
Ragu-ragu
|
Ya
|
tidak
|
Ragu-ragu
|
Ya
|
tidak
|
Ragu-ragu
|
Ya
|
tidak
|
Ragu-ragu
|
||
C. Tanggung jawab individu
1.
Siswa mengerjakan tugas-tugas
pelajaran matematika yang perlu dikerjakan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Siswa dapat dipercaya dan
diandalkan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Siswa tidak pernah membuat
alasan atau menyalahkan orang lain atas perbuatannya.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
Siswa selalu mengikuti
komitmennya.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D.
Tanggung jawab sosial
1.
Siswa mengerjakan tugasnya demi
kebaikan bersama.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. siswa secara suka rela membantu teman/guru
yang membutuhkan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Siswa berpartisipasi dan
membantu guru mengerjakan tugas-tugas pengajarannya.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
Siswa melakukan sesuatu yang dia
bisa untuk membantu menjaga kebersihan dan keamanan kelas/sekolah.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang diamati
|
Siswa 1
|
Siswa 2
|
Siswa 3
|
Siswa ........
|
Komentar
|
||||||||
Ya
|
tidak
|
Ragu-ragu
|
Ya
|
tidak
|
Ragu-ragu
|
Ya
|
tidak
|
Ragu-ragu
|
Ya
|
tidak
|
Ragu-ragu
|
||
E. Adil
1. siswa memperlakukan teman sesuai dengan apa
yang dia inginkan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Siswa memperlakukan teman secara
seimbang dan tanpa merugikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Siswa mempertimbangkan perasaan teman/guru
yang akan terpengaruh akibat perbuatannya.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
Siswa berpikiran terbuka dan
masuk akal.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
Siswa bermain berdasarkan
aturan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
F. Peduli
1. Siswa peka terhadap
perasaan orang lain.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Siswa memperlakukan teman/guru dengan baik
dan murah hati.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Siswa berpikir tentang bagaimana
perbuatannya akan berdampak pada orang lain.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Siswa tidak pernah benar-benar membenci
atau menyakiti.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
Siswa mencoba untuk membantu
teman/guru yang membutuhkan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang diamati
|
Siswa 1
|
Siswa 2
|
Siswa 3
|
Siswa ........
|
Komentar
|
||||||||
Ya
|
tidak
|
Ragu-ragu
|
Ya
|
tidak
|
Ragu-ragu
|
Ya
|
tidak
|
Ragu-ragu
|
Ya
|
tidak
|
Ragu-ragu
|
||
Keterampilan Sosial
G1.
Mengemukakan ide/ pendapat
Pada saaat diskusi
kelompok/kelas siswa mengemukakan pendapatnya.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
G2.
Bertanya
Pada saat
diskusi kelompok/kelas siswa bertanya pada teman atau guru.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
G3.
Mendengar
Pada saat diskusi kelompok/kelas
siswa mendengarkan dan memperhatikan jika orang lain berbicara
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
G4. Kerja sama
Siswa senantiasa bekerja sama dengan anggota kelompok
siswa yang lain
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
sangat bermafaat
BalasHapus